Selasa, 11 Oktober 2011

LANDASAN NORMATIF FIQHIYYAH ZAKAT


LANDASAN FIQIH ZAKAT

A.  Pendahuluan
              Zakat adalah memberikan harta yang telah mencapai nisab dan haul kepada orang yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat tertentu. Nisab adalah ukuran tertentu dari harta yang dimiliki yang mewajibkan dikeluarkannya zakat, sedangkan haul adalah berjalan genap satu tahun. Zakat juga berarti kebersihan, setiap pemeluk Islam yang mempunyai harta cukup banyaknya menurut ketentuan (nisab) zakat, wajiblah membersihkan hartanya itu dengan mengeluarkan zakatnya.
              Menurut bahasa, zakat berarti pengembangan dan kesucian. Tanpa disadari, harta akan berkembang melalui zakat. Disisi lain, mensucikan pelakunya dari dosa. Disebut zakat dalam syari’at karena adanya pengertian etimologis, yaitu karena zakat dapat membersihkan pelakunya dari dosa dan menunjukkan kebenaran imannya. Adapun caranya ialah dengan memberikan bagian harta yang telah mencapai nishab tahunan kepada fakir miskin dan lainnya yang berhak untuk menerimanya. Zakat ini merupakan pelaksanaan rukun Islam yang ketiga.
                     Zakat, berarti suci, tumbuh, bertambah dan berkah. Dengan demikian, zakat itu membersihkan (mensucikan) diri seseorang dan hartanya, pahala bertambah, harta tumbuh (berkembang), dan membawa berkah.
Sesudah mengeluarkan zakat, seseorang telah suci (bersih) dirinya dari penyakit kikir dan tamak. Hartanya juga telah bersih, Karen a tidak ada lagi hak orang lain pada hartanya.[1]
              Ibnu ‘Arabi mengatakan: “Zakat diartikan sebagai sedekah wajib dan sedekah sunnah atau nafkah, hak dan maaf.”
              Syarat orang yang mengeluarkan zakat ialah berakal, baligh dan merdeka. Didalam ketentuan syari’at, zakat merupakan amalan yang pasti, dimana tidak membutuhkan adu argumentasi lagi. Perbedaan pendapat hanya terjadi pada beberapa dari furu’nya saja. Sedangkan hukum pokok wajibya sudah jelas dan orang yang mengingkarinya adalah kafir.
              Zakat menempati posisi yang sangat penting dalam Islam, yakni sebagai rukun islam ketiga setelah membaca dua kalimat syahadat dan mengerjakan sholat. Jika Syahadat merupakan rukun pertama bagi seseorang untuk mulai memeluk agama Islam dan Sholat sebagai sebuah bentuk melatih keshalihan diri pribadi seperti mencegah perbuatan keji dan munkar, maka zakat lebih kepada melatih keshalihan diri dalam menjalani kehidupan sosial.

B.  Landasan Normatif Fiqihiyah Zakat
     B.1.   Dalil dalam Al-Qur’an
                        Kata zakat dalam Al – Qur’an disebut sebanyak 34 kali yaitu pada :
              
Dan Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'[44]. Q.S. AL-BAQOROH 43)
[44]  yang dimaksud ialah: shalat berjama'ah dan dapat pula diartikan: tunduklah kepada perintah-perintah Allah bersama-sama orang-orang yang tunduk.

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (AL-BAYYINAH 5)

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu[1215] dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu[1216] dan Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, Hai ahlul bait[1217] dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. (Q.S. AL- AHZAB 33)

[1215]  Maksudnya: isteri-isteri Rasul agar tetap di rumah dan ke luar rumah bila ada keperluan yang dibenarkan oleh syara'. perintah Ini juga meliputi segenap mukminat.
[1216]  yang dimaksud Jahiliyah yang dahulu ialah Jahiliah kekafiran yang terdapat sebelum nabi Muhammad s.a.w. dan yang dimaksud Jahiliyah sekarang ialah Jahiliyah kemaksiatan, yang terjadi sesudah datangnya Islam.
[1217]  Ahlul bait di sini, yaitu keluarga rumah tangga Rasulullah s.a.w.

         Lebih lengkapnya,  adalah :
[1] 2:43,  Al-Baqarah  
DAN DIRIKANLAH SHALAT , TUNAIKANLAH ZAKAT DAN RUKUKLAH BESERTA ORANG - ORANG YANG RUKUK .
[2] 2:83,  Al-Baqarah  
DAN ( INGATLAH ) , KETIKA KAMI MENGAMBIL JANJI DARI BANI ISRAIL ( YAITU ) : JANGANLAH KAMU MENYEMBAH SELAIN ALLAH , DAN BERBUAT BAIKLAH KEPADA IBU BAPAK , KAUM KERABAT , ANAK - ANAK YATIM , DAN ORANG - ORANG MISKIN , SERTA UCAPKANLAH KATA - KATA YANG BAIK KEPADA MANUSIA , DIRIKANLAH SHALAT DAN TUNAIKANLAH ZAKAT . KEMUDIAN KAMU TIDAK MEMENUHI JANJI ITU , KECUALI SEBAGIAN KECIL DARI PADA KAMU , DAN KAMU SELALU BERPALING .
[3] 2:110,  Al-Baqarah  
DAN DIRIKANLAH SHALAT DAN TUNAIKANLAH ZAKAT . DAN APA - APA YANG KAMU USAHAKAN DARI KEBAIKAN BAGI DIRIMU , TENTU KAMU AKAN MENDAPAT PAHALANYA PADA SISI ALLAH . SESUNGGUHNYA ALLAH MAHA MELIHAT APA - APA YANG KAMU KERJAKAN .
[4] 2:177,  Al-Baqarah  
BUKANLAH MENGHADAPKAN WAJAHMU KE ARAH TIMUR DAN BARAT ITU SUATU KEBAKTIAN , AKAN TETAPI SESUNGGUHNYA KEBAKTIAN ITU IALAH BERIMAN KEPADA ALLAH , HARI KEMUDIAN , MALAIKAT - MALAIKAT , KITAB - KITAB , NABI - NABI , DAN MEMBERIKAN HARTA YANG DICINTAINYA KEPADA KERABATNYA , ANAK - ANAK YATIM , ORANG - ORANG MISKIN , MUSAFIR ( YANG MEMERLUKAN PERTOLONGAN ) DAN ORANG - ORANG YANG MEMINTA - MINTA ; DAN ( MEMERDEKAKAN ) HAMBA SAHAYA , MENDIRIKAN SHALAT , DAN MENUNAIKAN ZAKAT ; DAN ORANG - ORANG YANG MENEPATI JANJINYA APABILA IA BERJANJI , DAN ORANG - ORANG YANG SABAR DALAM KESEMPITAN , PENDERITAAN DAN DALAM PEPERANGAN . MEREKA ITULAH ORANG - ORANG YANG BENAR ( IMANNYA ) ; DAN MEREKA ITULAH ORANG - ORANG YANG BERTAKWA .
[5] 2:277,  Al-Baqarah  
SESUNGGUHNYA ORANG - ORANG YANG BERIMAN , MENGERJAKAN AMAL SALEH , MENDIRIKAN SHALAT DAN MENUNAIKAN ZAKAT , MEREKA MENDAPAT PAHALA DI SISI TUHANNYA . TIDAK ADA KEKHAWATIRAN TERHADAP MEREKA DAN TIDAK ( PULA ) MEREKA BERSEDIH HATI .
[6] 4:77,  An-Nisa  
TIDAKKAH KAMU PERHATIKAN ORANG - ORANG YANG DIKATAKAN KEPADA MEREKA : " TAHANLAH TANGANMU ( DARI BERPERANG ) , DIRIKANLAH SEMBAHYANG DAN TUNAIKANLAH ZAKAT ! " SETELAH DIWAJIBKAN KEPADA MEREKA BERPERANG , TIBA - TIBA SEBAGIAN DARI MEREKA ( GOLONGAN MUNAFIK ) TAKUT KEPADA MANUSIA ( MUSUH ) , SEPERTI TAKUTNYA KEPADA ALLAH , BAHKAN LEBIH SANGAT DARI ITU TAKUTNYA . MEREKA BERKATA : " YA TUHAN KAMI , MENGAPA ENGKAU WAJIBKAN BERPERANG KEPADA KAMI ? MENGAPA TIDAK ENGKAU TANGGUHKAN ( KEWAJIBAN BERPERANG ) KEPADA KAMI SAMPAI KEPADA BEBERAPA WAKTU LAGI ? " KATAKANLAH : " KESENANGAN DI DUNIA INI HANYA SEBENTAR DAN AKHIRAT ITU LEBIH BAIK UNTUK ORANG - ORANG YANG BERTAKWA , DAN KAMU TIDAK AKAN DIANIAYA SEDIKITPUN " .
[7] 4:162,  An-Nisa  
TETAPI ORANG YANG MENDALAM ILMUNYA DI ANTARA MEREKA DAN ORANG - ORANG MUKMIN , MEREKA BERIMAN KEPADA APA YANG TELAH DITURUNKAN KEPADAMU ( AL - QURAN ) , DAN APA YANG TELAH DITURUNKAN SEBELUMMU DAN ORANG - ORANG YANG MENDIRIKAN SHALAT , MENUNAIKAN ZAKAT , DAN YANG BERIMAN KEPADA ALLAH DAN HARI KEMUDIAN . ORANG - ORANG ITULAH YANG AKAN KAMI BERIKAN KEPADA MEREKA PAHALA YANG BESAR .
[8] 5:12,  Al-Maidah  
DAN SESUNGGUHNYA ALLAH TELAH MENGAMBIL PERJANJIAN ( DARI ) BANI ISRAIL DAN TELAH KAMI ANGKAT DI ANTARA MEREKA DUA BELAS ORANG PEMIMPIN DAN ALLAH BERFIRMAN : " SESUNGGUHNYA AKU BESERTA KAMU , SESUNGGUHNYA JIKA KAMU MENDIRIKAN SHALAT DAN MENUNAIKAN ZAKAT SERTA BERIMAN KEPADA RASUL - RASUL - KU DAN KAMU BANTU MEREKA DAN KAMU PINJAMKAN KEPADA ALLAH PINJAMAN YANG BAIK SESUNGGUHNYA AKU AKAN MENUTUPI DOSA - DOSAMU . DAN SESUNGGUHNYA KAMU AKAN KUMASUKKAN KE DALAM SURGA YANG MENGALIR DI DALAMNYA SUNGAI - SUNGAI . MAKA BARANGSIAPA YANG KAFIR DI ANTARAMU SESUDAH ITU , SESUNGGUHNYA IA TELAH TERSESAT DARI JALAN YANG LURUS " .
[9] 5:55,  Al-Maidah  
SESUNGGUHNYA PENOLONG KAMU HANYALAH ALLAH , RASUL - NYA , DAN ORANG - ORANG YANG BERIMAN , YANG MENDIRIKAN SHALAT DAN MENUNAIKAN ZAKAT , SERAYA MEREKA TUNDUK ( KEPADA ALLAH ) .
[10] 7:156,  Al-A`raf  
DAN TETAPKANLAH UNTUK KAMI KEBAJIKAN DI DUNIA INI DAN AKHIRAT ; SESUNGGUHNYA KAMI KEMBALI ( BERTAUBAT ) KEPADA ENGKAU . ALLAH BERFIRMAN : " SIKSA - KU AKAN KUTIMPAKAN KEPADA SIAPA YANG AKU KEHENDAKI ; DAN RAHMAT - KU MELIPUTI SEGALA SESUATU . MAKA AKAN AKU TETAPKAN RAHMAT - KU UNTUK ORANG - ORANG YANG BERTAKWA , YANG MENUNAIKAN ZAKAT DAN ORANG - ORANG YANG BERIMAN KEPADA AYAT - AYAT KAMI " .
[11] 9:5,  At-Taubah  
APABILA SUDAH HABIS BULAN - BULAN HARAM ITU , MAKA BUNUHLAH ORANG - ORANG MUSYRIKIN ITU DI MANA SAJA KAMU JUMPAI MEREKA , DAN TANGKAPLAH MEREKA DAN INTAILAH DI TEMPAT PENGINTAIAN . JIKA MEREKA BERTAUBAT DAN MENDIRIKAN SHALAT DAN MENUNAIKAN ZAKAT , MAKA BERILAH KEBEBASAN KEPADA MEREKA UNTUK BERJALAN . SESUNGGUHNYA ALLAH MAHA PENGAMPUN LAGI MAHA PENYAYANG .
[12] 9:11,  At-Taubah  
JIKA MEREKA BERTAUBAT , MENDIRIKAN SHALAT DAN MENUNAIKAN ZAKAT , MAKA ( MEREKA ITU ) ADALAH SAUDARA - SAUDARAMU SEAGAMA . DAN KAMI MENJELASKAN AYAT - AYAT ITU BAGI KAUM YANG MENGETAHUI .
[13] 9:18,  At-Taubah  
HANYA YANG MEMAKMURKAN MASJID - MASJID ALLAH IALAH ORANG - ORANG YANG BERIMAN KEPADA ALLAH DAN HARI KEMUDIAN , SERTA TETAP MENDIRIKAN SHALAT , MENUNAIKAN ZAKAT DAN TIDAK TAKUT ( KEPADA SIAPAPUN ) SELAIN KEPADA ALLAH , MAKA MEREKALAH ORANG - ORANG YANG DIHARAPKAN TERMASUK GOLONGAN ORANG - ORANG YANG MENDAPAT PETUNJUK .
[14] 9:58,  At-Taubah  
DAN DI ANTARA MEREKA ADA ORANG YANG MENCELAMU TENTANG ( PEMBAGIAN ) ZAKAT ; JIKA MEREKA DIBERI SEBAGIAN DARI PADANYA , MEREKA BERSENANG HATI , DAN JIKA MEREKA TIDAK DIBERI SEBAGIAN DARI PADANYA , DENGAN SERTA MERTA MEREKA MENJADI MARAH .
[15] 9:60,  At-Taubah  
SESUNGGUHNYA ZAKAT - ZAKAT ITU , HANYALAH UNTUK ORANG - ORANG FAKIR , ORANG - ORANG MISKIN , PENGURUS - PENGURUS ZAKAT , PARA MU`ALLAF YANG DIBUJUK HATINYA , UNTUK ( MEMERDEKAKAN ) BUDAK , ORANG - ORANG YANG BERHUTANG , UNTUK JALAN ALLAH DAN ORANG - ORANG YANG SEDANG DALAM PERJALANAN , SEBAGAI SESUATU KETETAPAN YANG DIWAJIBKAN ALLAH ; DAN ALLAH MAHA MENGETAHUI LAGI MAHA BIJAKSANA .
[16] 9:71,  At-Taubah  
DAN ORANG - ORANG YANG BERIMAN , LELAKI DAN PEREMPUAN , SEBAGIAN MEREKA ( ADALAH ) MENJADI PENOLONG BAGI SEBAGIAN YANG LAIN . MEREKA MENYURUH ( MENGERJAKAN ) YANG MAKRUF , MENCEGAH DARI YANG MUNKAR , MENDIRIKAN SEMBAHYANG , MENUNAIKAN ZAKAT , DAN MEREKA TAAT KEPADA ALLAH DAN RASUL - NYA . MEREKA ITU AKAN DIBERI RAHMAT OLEH ALLAH , SESUNGGUHNYA ALLAH MAHA PERKASA LAGI MAHA BIJAKSANA .
[17] 9:103,  At-Taubah  
AMBILLAH ZAKAT DARI SEBAGIAN HARTA MEREKA , DENGAN ZAKAT ITU KAMU MEMBERSIHKAN DAN MENSUCIKAN MEREKA , DAN MENDOAKAN UNTUK MEREKA . SESUNGGUHNYA DOA KAMU ITU MENJADI KETENTERAMAN JIWA BAGI MEREKA . DAN ALLAH MENDENGAR LAGI MAHA MENGETAHUI .
[18] 9:104,  At-Taubah  
TIDAKLAH MEREKA MENGETAHUI , BAHWASANYA ALLAH MENERIMA TAUBAT DARI HAMBA - HAMBA - NYA DAN MENERIMA ZAKAT , DAN BAHWASANYA ALLAH MAHA PENERIMA TAUBAT LAGI MAHA PENYAYANG ?
[19] 19:31,  MARYAM  
DAN DIA MENJADIKAN AKU SEORANG YANG DIBERKATI DI MANA SAJA AKU BERADA DAN DIA MEMERINTAHKAN KEPADAKU ( MENDIRIKAN ) SHALAT DAN ( MENUNAIKAN ) ZAKAT SELAMA AKU HIDUP ;
[20] 19:55,  MARYAM  
DAN IA MENYURUH AHLINYA UNTUK BERSEMBAHYANG DAN MENUNAIKAN ZAKAT , DAN IA ADALAH SEORANG YANG DIRIDHAI DI SISI TUHANNYA .
[21] 21:73,  Al-Anbia  
KAMI TELAH MENJADIKAN MEREKA ITU SEBAGAI PEMIMPIN - PEMIMPIN YANG MEMBERI PETUNJUK DENGAN PERINTAH KAMI DAN TELAH KAMI WAHYUKAN KEPADA MEREKA MENGERJAKAN KEBAJIKAN , MENDIRIKAN SEMBAHYANG , MENUNAIKAN ZAKAT DAN HANYA KEPADA KAMILAH MEREKA SELALU MENYEMBAH .
[22] 22:41,  Al-Hajj  
( YAITU ) ORANG - ORANG YANG JIKA KAMI TEGUHKAN KEDUDUKAN MEREKA DI MUKA BUMI NISCAYA MEREKA MENDIRIKAN SEMBAHYANG , MENUNAIKAN ZAKAT , MENYURUH BERBUAT YANG MAKRUF DAN MENCEGAH DARI PERBUATAN YANG MUNGKAR ; DAN KEPADA ALLAH - LAH KEMBALI SEGALA URUSAN .
[23] 22:78,  Al-Hajj  
DAN BERJIHADLAH KAMU PADA JALAN ALLAH DENGAN JIHAD YANG SEBENAR - BENARNYA . DIA TELAH MEMILIH KAMU DAN DIA SEKALI - KALI TIDAK MENJADIKAN UNTUK KAMU DALAM AGAMA SUATU KESEMPITAN . ( IKUTILAH ) AGAMA ORANG TUAMU IBRAHIM . DIA ( ALLAH ) TELAH MENAMAI KAMU SEKALIAN ORANG - ORANG MUSLIM DARI DAHULU , DAN ( BEGITU PULA ) DALAM ( AL - QURAN ) INI , SUPAYA RASUL ITU MENJADI SAKSI ATAS SEGENAP MANUSIA , MAKA DIRIKANLAH SEMBAHYANG , TUNAIKANLAH ZAKAT DAN BERPEGANGLAH KAMU DARI TALI ALLAH . DIA ADALAH PELINDUNGMU , MAKA DIALAH SEBAIK - BAIK PELINDUNG DAN SEBAIK - BAIK PENOLONG .
[24] 23:4,  Al-Muminun  
DAN ORANG - ORANG YANG MENUNAIKAN ZAKAT ,
[25] 24:37,  An-Nur  
LAKI - LAKI YANG TIDAK DILALAIKAN OLEH PERNIAGAAN DAN TIDAK ( PULA ) OLEH JUAL BELI DARI MENGINGATI ALLAH , DAN ( DARI ) MENDIRIKAN SEMBAHYANG , DAN ( DARI ) MEMBAYARKAN ZAKAT . MEREKA TAKUT KEPADA SUATU HARI YANG ( DI HARI ITU ) HATI DAN PENGLIHATAN MENJADI GONCANG .
[26] 24:56,  An-Nur  
DAN DIRIKANLAH SEMBAHYANG , TUNAIKANLAH ZAKAT , DAN TAATILAH KEPADA RASUL , SUPAYA KAMU DIBERI RAHMAT .
[27] 27:3,  An-Naml  
( YAITU ) ORANG - ORANG YANG MENDIRIKAN SEMBAHYANG DAN MENUNAIKAN ZAKAT DAN MEREKA YAKIN AKAN ADANYA NEGERI AKHIRAT .
[28] 30:39,  Ar-Rum  
DAN SESUATU RIBA ( TAMBAHAN ) YANG KAMU BERIKAN AGAR DIA MENAMBAH PADA HARTA MANUSIA , MAKA RIBA ITU TIDAK MENAMBAH PADA SISI ALLAH . DAN APA YANG KAMU BERIKAN BERUPA ZAKAT YANG KAMU MAKSUDKAN UNTUK MENCAPAI KERIDHAAN ALLAH , MAKA ( YANG BERBUAT DEMIKIAN ) ITULAH ORANG - ORANG YANG MELIPATGANDAKAN ( PAHALANYA ) .
[29] 31:4,  LUKMAN  
( YAITU ) ORANG - ORANG YANG MENDIRIKAN SHALAT , MENUNAIKAN ZAKAT DAN MEREKA YAKIN AKAN ADANYA NEGERI AKHIRAT .
[30] 33:33,  Al-Ahzab  
DAN HENDAKLAH KAMU TETAP DI RUMAHMU DAN JANGANLAH KAMU BERHIAS DAN BERTINGKAH LAKU SEPERTI ORANG - ORANG JAHILIYAH YANG DAHULU DAN DIRIKANLAH SHALAT TUNAIKANLAH ZAKAT DAN TAATILAH ALLAH DAN RASULNYA SESUNGGUHNYA ALLAH BERMAKSUD HENDAK MENGHILANGKAN DOSA DARI KAMU , HAI AHLUL BAIT DAN MEMBERSIHKAN KAMU SEBERSIH - BERSIHNYA .
[31] 41:7,  Fushilat  
( YAITU ) ORANG - ORANG YANG TIDAK MENUNAIKAN ZAKAT DAN MEREKA KAFIR AKAN ADANYA ( KEHIDUPAN ) AKHIRAT .
[32] 58:13,  Al-Mujadalah  
APAKAH KAMU TAKUT AKAN MENJADI MISKIN KARENA KAMU MEMBERIKAN SEDEKAH SEBELUM PEMBICARAAN DENGAN RASUL ? MAKA JIKA KAMU TIADA MEMPERBUATNYA , DAN ALLAH TELAH MEMBERI TAUBAT KEPADAMU MAKA DIRIKANLAH SEMBAHYANG TUNAIKAN ZAKAT DAN TAATLAH KEPADA ALLAH DAN RASULNYA DAN ALLAH MAHA MENGETAHUI APA YANG KAMU KERJAKAN .


[33] 73:20,  Al-Muzzamil  
SESUNGGUHNYA TUHANMU MENGETAHUI BAHWASANYA KAMU BERDIRI ( SEMBAHYANG ) KURANG DARI DUA PERTIGA MALAM , ATAU SEPERDUA MALAM ATAU SEPERTIGANYA DAN ( DEMIKIAN PULA ) SEGOLONGAN DARI ORANG - ORANG YANG BERSAMA KAMU . DAN ALLAH MENETAPKAN UKURAN MALAM DAN SIANG . ALLAH MENGETAHUI BAHWA KAMU SEKALI - KALI TIDAK DAPAT MENENTUKAN BATAS - BATAS WAKTU - WAKTU ITU , MAKA DIA MEMBERI KERINGANAN KEPADAMU , KARENA ITU BACALAH APA YANG MUDAH ( BAGIMU ) DARI AL - QURAN . DIA MENGETAHUI BAHWA AKAN ADA DI ANTARA KAMU ORANG - ORANG YANG SAKIT DAN ORANG - ORANG YANG BERJALAN DI MUKA BUMI MENCARI SEBAGIAN KARUNIA ALLAH ; DAN ORANG - ORANG YANG LAIN LAGI YANG BERPERANG DI JALAN ALLAH , MAKA BACALAH APA YANG MUDAH ( BAGIMU ) DARI AL - QURAN DAN DIRIKANLAH SEMBAHYANG , TUNAIKANLAH ZAKAT DAN BERIKANLAH PINJAMAN KEPADA ALLAH PINJAMAN YANG BAIK . DAN KEBAIKAN APA SAJA YANG KAMU PERBUAT UNTUK DIRIMU NISCAYA KAMU MEMPEROLEH ( BALASAN ) NYA DI SISI ALLAH SEBAGAI BALASAN YANG PALING BAIK DAN YANG PALING BESAR PAHALANYA DAN MOHONLAH AMPUNAN KEPADA ALLAH ; SESUNGGUHNYA ALLAH MAHA PENGAMPUN LAGI MAHA PENYAYANG .
[34] 98:5,  Al-Bayyinah  
PADAHAL MEREKA TIDAK DISURUH KECUALI SUPAYA MENYEMBAH ALLAH DENGAN MEMURNIKAN KETAATAN KEPADANYA DALAM ( MENJALANKAN ) AGAMA DENGAN LURUS , DAN SUPAYA MEREKA MENDIRIKAN SHALAT DAN MENUNAIKAN ZAKAT ; DAN YANG DEMIKIAN ITULAH AGAMA YANG LURUS .

     B.2.   Dalil dalam Hadits
1. Dalil Zakat dalam Hadits Ibnu Umar ra

Rasulullah saw. bersabda:

“Islam dibangun atas lima dasar, bersaksi tidak ada sembahan haq kecuali Allah, Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, menegakkan shalat, menunaikan zakat, menunaikan haji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan.”
(Muslim, Kitabul Iman 2:130 no.113)
2. Dalil Zakat dalam Hadits Ibnu Abbas ra

Ketika mengutus Muadz bin Jabbal ra ke Yaman, Rasulullah saw bersabda:

“Terangkanlah kepada mereka bahwa Allah mewajibkan mereka untuk mengeluarkan zakat yang dipungut dari orang-orang kaya di antara mereka untuk diberikan kepada orang-orang fakir dari mereka.”
(HR. Bukhari, Kitab Zakat 3:261 no.1395)
3. Dalil Zakat dalam Hadits Abi Habsyah ra

Rasulullah saw bersabda:

“Tiga perkara yang aku bersumpah atasnya dan menceritakan kepada kalian maka jagalah: Tidak akan berkurang harta yang dishadaqahkan dan tidak seorang hamba dianiaya dengan kezhaliman kemudian dia bersabar (atas kezhaliman) kecuali Allah menambahkan baginya kemuliaan. Dan tidaklah seorang hamba membuka pintu meminta-minta kecuali Allah membaginya pintu kefakiran.”
(Turmudzi Kitab Az-Zuhd 4:487 no.2325)
4. Dalil Zakat dalam Hadits Abu Hurairah ra

Rasulullah saw bersabda:

“Tidaklah seseorang memiliki emas atau perak kemudian tidak ditunaikan haknya, apabila datang hari kiamat dibentangkan baginya batu-batu lebar dari neraka kemudian dia dipanggang di atas batu-batu itu kemudian disetrika perut, dahi dan punggungnya.

Setiap sudah dingin maka dikembalikan seperti semula yang satu hari sama dengan 50.000 tahun sampai diputuskan perkaranya di antara manusia maka dia akan melihat jalannya, apakah ke surga atau neraka.”
(Muslim Kitab Zakat 7:67 no.2287)

     B.3.   Menurut Pendapat Ulama
1. Zakat Menurut Pendapat Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Kitab Al-Fath 3:262

“Memberikan sebagian dari harta yang sejenis yang sudah sampai nishab selama setahun dan diberikan kepada orang fakir dan semisalnya yang bukan dari Bani Hasyim dan Bani Muthalib.”
2. Zakat Menurut Pendapat Syaikh Abdullah Al-Bassam dalam Kitab Taudhihul Ahkam 3:5

“Hak wajib dari harta tertentu, untuk golongan tertentu pada waktu tertentu.”
3. Zakat Menurut Pendapat Ibnu Qudamah dalam Kitab al-Mughni 4:6-7

“Barang siapa yang mengingkari karena jahil (tidak tahu) atau dia termasuk orang yang tidak tahu karena baru masuk Islam atau dia tinggal di daerah terpencil yang jauh dari daerah yang mengetahui akan wajibnya maka tidak dikafirkan. Adapun kalau dia seorang muslim yang tinggal di negeri Islam di tengah-tengah ahli ilmu maka hukumnya murtad.”

C.  Landasan Fiqih Jenis-jenis  Zakat
     C.1.   Landasan Fiqih Zakat Fitrah
                        Hadis Nabi yang artinya: ”Sesungguhnya Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan satu sha’kurma atau satu sha’ gandum pada setiap orang yang merdeka, hamba sahaya, baik laki-laki maupun perempuan dari kaum Muslimin.” (HR Jamaah Ahli Hadis) dan firman Allah yang artinya: ”Dan dirikanlah slahat dan tunaikan zakat…” (QS Al Baqarah 2:110)
C.2. Zakat mal (kekayaan)[2]
a.       Zakat Uang, emas dan perak
Sebagai dasar hukumnya, terdapat dalam surat At Taubah 9:34-35. Dan ayat tersebut diperkuat oleh hadis Rasulullah SAW yang artinya: “Tiada bagi pemilik emas dan perak yang tidak menunaikan haknya untuk mengeluarkan zakatnya, melainkan pada hari kiamat ia didudukkan diatas padaang batu yang lebar dalam neraka, dibakar di dalam jahannam, disetrika dengannya lambung, kening, dan punggungnya. Setiap api itu padam, maka dipersiapkan lagi baginya. (Hal serupa untuk jangka waktu 50000 tahun, hingga selesai pengadilan ummat semuanya, kemudian diperlihatkan kepadanya jalannya, apakah ke surga atau ke neraka” (HR Bukhori, Abu Dawud, Ibnu Mundzir, Abu Hatim, dan Mardhawayyi)


b.      Zakat Binatang ternak
Landasan hukumnya yaitu firman Allah yang artinya: “Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka, yaitu sebagian dari apa yang telah kami ciptakan dengan kekuasaan kami sendiri, lalu mereka menguasainya? Dan kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka, maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan. Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur.” (Yasin 36:71-73)
c.         Zakat Harta dagang
       Sebagai landasan zakat dagang ialah firman Allah, yang artinya:
       “Hai orang-orang yang beriman nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah maha kaya lagi Maha Terpuji.” (al-Baqarah 2: 267)

                 Sedangkan jenis-jenis zakat di bawah ini dinisbahkan sebagai zakat kekayaan, zakat harta penghasilan/pendapatan dan zakat profesi yang dalilnya penulis ambil dari buku karangan Dr. Yusuf Qordhowi yang berjudul Hukum-hukum zakat.

d.        Zakat Barang-barang tambang
       Menurut Yusuf Qardhawi, banyaknya zakat yang dikeluarkan sebanyak 10% dengan nisab sebagaimana emas dan perak.
e.         Zakat Investasi
       Besarnya zakat investasi yang harus dikeluarkan sebanyak 2,5% sebagaimana zakat perdagangan.
f.          Zakat profesi dan Pencarian
       Besarnya zakat yang dikeluarkan sebanyak 2,5% dengan nisab yang dianalogikan dengan emas.
g.         Zakat saham dan Obligasi
       Yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah keuntungan yang diperolah dari usaha-usaha tersebut, sama halnya sepeti zakat pertanian yang dikeluarkan zaktnya adalah hasil bukan zakat tanahnya. Dengan demikian zakatnya pun ada kemungkinan 10% atau 5% dari keuntungan bersih perusahaan

                 Dalil dari zakat-zakat tersebut adalah :
                 Dalil mengenai wajib dikeluarkannya zakat setelah mencapai nishob selama satu tahun yang dikemukakan oleh beberapa ulama tersebut dianggap lemah oleh Dr. Yusuf Qordhowi dengan beberapa alasan, diantaranya :


 

              Berdasarkan dalil-dalil diatas maka Dr. Yusuf Qordhowi berkesimpulan bahwa zakat harta penghasilan tidak harus dikeluarkan setelah satu tahun nishob. Dibawah ini sebagian kecil screershot buku karangan Dr. Yusuf Qordhowi berkenaan dengan dalil zakat penghasilan tidak harus menunggu satu tahun nishob.


             



D. PENUTUP
Berdasarkan sumber-sumber ajaran Islam otentik, yakni Al-Qur’an dan Sunnah, serta praktek kehidupan para sahabat dan penerus risalah Islam di masa lalu, Zakat adalah kewajiban Fardhiah bagi setiap muslim yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Zakat juga diperintahkan untuk “diambil” dari orang-orang kaya dan diancam sanksi, bila kaum kaya menolak untuk memenuhinya. Para Ulama salaf telah sepakat, bahwa zakat adalah Obligatory System dalam suatu masyarakat atau negara. Karena itu tidak diragukan lagi bahwa zakat adalah domain negara, yaitu bahwa zakat adalah diurus atau diatur oleh negara.
Namun, para ulama juga berpendapat bahwa dalam pelaksanaanya, negara dapat mengelola langsung sendiri atau menunjuk (memberikan mandat) kepada badan, organisasi atau sekelompok orang di dalam negara tersebut untuk melaksanakan tugas pengurusan zakat. Pengangkatan petugas pengurusan zakat ini, tentu saja ditata oleh suatu pengaturan dan sewaktu-waktu dapat dicabut apabila sudah tidak memenuhi persyaratan atau menyimpang dari amanah yang diembannya.

















DAFTAR PUSTAKA

Ali Hasan Muhammad, 2008. Zakat dan Infak. Jakarta : PT Kencana
Maghfiroh Mamluatul. 2010. Zakat. Jakarta
Nur Diana ufi, 2008. Hadits-hadits Ekonomi Jakarta : Sukses
Yusuf Qordhowi, 1996. Hukum Zakat : Studi Komparatif Mengenai Status dan Filsafat Zakat berdasarkan Al Qur’an dan Hadits. Jakarta : Litera Antar Nusa dan Mizan.



[1] Mamluatul Maghfiroh.Zakat.2010.hlm.44
[2] Mamluatul Maghfiroh.Zakat.2010.hlm.51

Tidak ada komentar:

Posting Komentar